Cara Instal Game PS2 Di PS3 - PKG + RAP

Hatta Games - Pada kesempatan kali ini Hatta Games akan memberikan tutorial kepada kalian semua cara menginstall game PS2 PKG di PS3 CFW & HEN terbaru yang sebenarnya sangat mudah sekali tanpa perlu masuk ke akun PSN PS3 dengan metode Offline pun bisa, tanpa basa basi langsung saja kita eksekusi. 


Apa itu Game PS2 PKG?

Game ini sebelumnya berektensi file .iso yang di convert ke file .pkg agar bisa dimainkan di konsol PS3, sebetulnya konsol PS3 juga bisa memainkan game PS2 ISO tapi tidak game PS2 ISO itu bisa dimainkan dengan lancar di PS3, seperti adanya bug,lag,freezing dan masih banyak lagi. nah untuk mengurangi itu, biasanya file game ps2 iso di convert ke file .pkg. jadi lebih baik mana? maen game ps2 format iso atau pkg? kalo mimin sendiri lebih enakan maen pake format ps2 pkg dikarenakan game ini muncul di xmb ps3 dan semua game dengan format ps2 pkg bisa dijalankan dengan baik berbeda dengan format ps2 iso ada beberapa game yang tidak support ketika dimainkan entah itu blank atau sejenisnya. Game format ps2 pkg biasanya menggunakan file tambahan yang berupa file .rap game ini sama dengan game game PSN yang ada di PS3, penginstalan nya pun cukup mudah bagi yang awam mungkin agak sulit karena pasti bakal akan bingung ketika ingin memainkannya muncul "notif error blabla".

Informasi 

Kebanyakan dari kalian yang masih awam tentang instal game psn atau ps2 pkg di PS3 pasti terdapat kendala entah itu game tidak bisa display maupun error code, nah itu disebabkan karena game butuh file license. Namun ada 2 syarat penting yang harus kalian penuhi sebelum mengikuti tutorial kali ini yaitu: 

  • Di PS3 kalian sudah terinstal aplikasi Apollo Save Tool yang terbaru dan harus ada fitur Aktivasi akun PSN Secara Offline untuk lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini. Link Download
  • Pastikan Game PS2 yang kalian download memiliki file RAP, Jika game tersebut tidak memiliki file RAP maka sebaiknya download file RAP PS2 Universal ( untuk PS2 PKG ). Berikut contoh game PS2 PKG yang kalian instal jika tidak menginstal RAP, maka game tersebut muncul notif error seperti dibawah ini

Tutorial Penginstalan

Penginstalan lewat web mungkin agak sedikit rumit dan bagi yang awam mungkin agak membingungkan sebaiknya Anda menonton video tutorial penginstalan game ps2 pkg ini lewat video karena penjelasan akan mudah dimengerti, jika kalian ingin menontonnya bisa cek di bawah artikel.

  1. Game PS2PKG yang saya gunakan disini adalah Downhill Domination Game PS2 yang sudah diekstrak dan hasilnya lengkap sudah terdapat file Game bersama file RAPPKG jika file rapnya tidak ada bisa memakai file rap dibawah artikel ini ya.
  2. Silahkan sambungkan FD/HDD format FAT32 ke PC atau Laptop kalian kemudian Copy dan Paste file gamenya, pastikan file game yang kalian Paste tersebut berada diluar/tidak berada didalam Folder apapun.
  3. Saya asumsikan kalian punya file rap ps2 universal format pkg di fashdisk yang tinggal instal saja, tidak berupa file rap mentahan
  4. Sekarang kalian nyalakan PS3 kalian dan sambungkan dengan FD/HDD format FAT32 yang sudah kalian masukan file Game dan RAPnya tadi, setelah itu Enable HEN.
  5. Selanjutnya masuk ke Package > Install Package Files > Standard kemudian Install file Game PKG tersebut sampai selesai.
  6. Jika penginstallan Gamenya sudah selesai selanjutnya Instal file rap ps2 pkg.
  7. Jika sudah, langkah terakhir instal Apollo Save Tools dan masuk ke menu apollo, geser kursor ke kanan pilih kolom user backup> aktivasi akun psn> aktivasi akun psn lagi, sampai muncul notif aktivasi akun psn successfully. 
  8. Selesai, sekarang Rebuild Database PS3 dan tunggu hingga proses selesai, setelah masuk ke xmb coba kalian mainkan game ps2 nya. enjoy & play game. Ingat jika dirasa tutorial lewat artikel kurang mengerti kalian bisa melihat tutorial versi video dibawah artikel ini.

Fix Problem: Jika aktivasi akun PSN muncul notif eror code

Note: Jika saat aktivasi akun PSN lewat apollo tidak terdapat notif successfully saat aktivasi tapi muncul error code, maka solusinya adalah membuat user baru di ps3, pergi ke home ps3 ke bagian paling kanan dekat tab settings lalu bikin user baru dan login pake user baru itu setelah itu aktivasi akun psn lagi via apollo save tools kembali.

Fix Poblem: This Content Has A Time Limit

Jika terdapat error muncul notif seperti ini ketika memainkan game ps2 pkg, makan tutorialnya dibawah ini, kalian bisa menggunakan metode offline/online.

  1. Pastikan PS3 Kalian Terkoneksi Ke WiFi Jika Belum Silahkan Koneksikan Terlebih Dahulu 
  2. Pergi Ke Bagian Setting Dan Pilih "Date & Time Setting"
  3. Lalu Tekan "Date & Time" Dan Pilih "Set via internet"
Catatan: Bisa juga dengan cara manual atau tidak terkoneksi internet tapi cara ini harus akurat dan sesaui dengan setting lokasi dan jam pada area kalian. Jika Sudah Coba Masuk Ke Gamenya Lagi.

Info Penting !!

Bagi kalian yang sudah pernah instal rap dan aktivasi akun psn tidak perlu mengulanginya lagi, cara diatas hanya untuk yang belom pernah INSTAL GAME PS2 PKG. Jadi bagi kalian yang sudah pernah menginstal game ps2 pkg ketika ingin menginstal game ps2 pkg lainnya. cukup instal file game pkgnya saja lalu maenkan gamenya.

Fix Problem: Layar Blackscreen (Hitam)

Jika Game PS2 PKG kalian ketika di Play/ingin memainkannya hanya muncul layar hitam atau blank tidak nampak gamenya, maka PS3 Kalian berada di Firmware yang jadul atau versi lama untuk mengatasi hal tersebut kalian harus Update Firmware PS3 ke versi terbaru atau minimal ke versi Firmware 4.88 agar PS3 Kalian support memainkan Game PS2 PKG, untuk update firmware bisa cek link berikut ini

Fix Problem: Instal Game PS2 PKG.66600

Catatan: Jika Game PS2PKG yang kalian download & Install berformat pkg.66600 caranya bisa klik disini untuk tutorial penginstalan pkg berektensi tersebut, pkg ini berbeda dengan cara penginstalan file pkg pada umumnya.

Fix Problem: Agar game bisa Fullscreen di layar PS3

Berikut ini tutorial cara mengenai game ps2 ketika dimainkan tidak fullscreen, bisa kalian lihat video dibawah ini


Download Installer PS2 PKG

Tutorial dalam bentuk Video. Jika dirasa diartikel ini kalian masih belum paham cara penginstalannya ada opsi video yang bisa kalian pahami dengan jelas. Terimakasih

9 Komentar

Tulis komentar Anda dengan sopan dan bijak. Hindari penggunaan kata-kata yang bersifat merendahkan, menyinggung, atau mengandung unsur SARA

  1. Bang ini sama kayak di video kan game nya

    BalasHapus
  2. Bang sy udh instal game guitar hero char indonesia tp tidak ada file licensenya

    BalasHapus
  3. Link rap univrsl ny mati brader

    BalasHapus
  4. ini yang diinstall file PKG nya aja? nah file .rap yg di dalem foldernya gimana brader

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake rap universal aja yang file rap ps2 pkg, bisa semua type game ps2

      Hapus
  5. Min, kalo error occurred during start operation 80029530 gmn?

    BalasHapus

Posting Komentar

Tulis komentar Anda dengan sopan dan bijak. Hindari penggunaan kata-kata yang bersifat merendahkan, menyinggung, atau mengandung unsur SARA

Lebih baru Lebih lama

Ad Blocker Terdeteksi!

Iklan kami berasal dari Google Adsense, sehingga 100% aman & tidak mengganggu. Mohon dukung kami dengan cara:

Mematikan AdBlocker & Men g-kl1k ik.L4n 1x (tidak perlu banyak)

Terima kasih.